Mengenai Saya

Foto saya
an independent soul with hypnotic aura

Jumat, 11 November 2011

Forgiveness

Guys… Jika kalian punya salah sama orang biasanya bagaimana cara kalian meminta maaf? Langsung minta maaf atau cari waktu yg tepat?

Entah kenapa, tapi berdasarkan pengalaman saya,laki2 cenderung 'telat' meminta maaf dan memilih waktu yg tepat untuk meminta maaf. Apa benar begitu? *maaf jika saya salah. Biasanya ada beberapa alasan jitu yg biasa digunakan orang-orang yang bersalah untuk tidak segera meminta maaf.. And sorry to say, menurut saya ini BASI :)


1.     “Biar orang itu reda dulu.. Baru deh minta maaf.”
Well,, mungkin alasan ini digunakan agar tidak menimbulkan pertengkaran yg berkelanjutan tapiii.. Yang perlu digarisbawahi adalah tipe orang itu beda-beda. Ada orang yang perlu waktu untuk menyelesaikan konflik dan ada yang ingin segera menyelesaikannya. Jika partner kalian adalah orang yang perlu waktu untuk menyelesaikan konflik ya boleh deh usaha untuk minta maafnya dipending dulu.. Tapi beda halnya dengan tipe orang yang ingin segera menyelesaikan konflik. Dia malah makin kesal kalau kalian gak langsung minta maaf..
Logikanya begini.. Ibarat jari kalian terluka masa iya gak langsung diobatin? Masa nunggu 3hari, 1minggu, atau 1 tahun baru diobatin? Sama halnya dengan menyakiti hati orang lain, jika kalian bersalah segeralah meminta maaf karena setidaknya maaf itu dapat sedikit mengobati lukanya. Kalaupun ia butuh waktu untuk memaafkan ya berikan ia waktu tapi setidaknya kalian telah meminta maaf.. Bukan malah sebaliknya..


2.     Minta maafnya nanti aja deh, takut...
Mmm.. Jika kalian tipe yg kedua, maka saya akan panggil kalian Anak Ayam! :D
Jika bersalah ya harus tanggungjawab.. BERANI mengakui kesalahan dan meminta maaf. Masalah dimaafin atau gak itu urusan nanti yang penting USAHA.
Lagipula kita akan terkesan egois jika kita telat meminta maaf. Kita yg bersalah, menyakiti hati orang dan membiarkan ia mengobatinya sendiri. Setelah orang itu udah "sembuh" kalian baru minta maaf. So, maafnya untuk apa?? Hanya untuk menebus rasa bersalah kalian aja?


Tapi balik lagi ya, gak semua orang BERANI untuk segera meminta maaf. Jadi bagi kita yang disakiti pun harus berlapang dada.. Memaafkan :) Kita gak akan pernah bisa kontrol orang untuk melakukan apa yg seharusnya dilakukan.. We can't, BUT REMEMBER! WE CAN CONTROL OUR SELF!

Kita bisa control emosi, hati dan pikiran kita. Kita juga bs kontrol diri kita untuk memaafkan, dan BELAJAR ikhlas. Bukan untuk apa2 tapi untuk diri kita sendiri :)
Kalaupun kita perlu waktu untuk memaafkan, ya gak apa-apa. Waktu memang terbukti paling ampuh untuk membantu proses healing kok. Biarkan saja natural... Jangan dipaksa.. Tapi hati dan pikiran diajak untuk terus berusaha memaafkan.


Gak usah mikir "kalo gue gampang maafin nanti dia keenakan" yaelah.. Ya klo udah maafin ya gak usah diumbar2 juga makanya.. Diem aje :D
Ya, pokoknya intinya adalah meminta maaf dan memaafkan adalah sama wajibnya, apalagi untuk umat muslim.


Coba deh kita niatkan untuk maafkan karena Allah.
Menurut saya, itu adalah cara yang paling bijak yang dapat kamu usahakan.
Agar apa? agar urusan kamu juga dilancarkan sama Allah :)




Forgive others their sins if we want Allah forgive our sins
-ISLAM-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar