Mengenai Saya

Foto saya
an independent soul with hypnotic aura

Minggu, 28 Agustus 2011

Memaafkan Mantan

Assalammualaikum… apa kabar teman-teman?
Tak terasa sebentar lagi kita akan bertemu dengan hari yang Fitri, dimana seluruh umat muslim merayakan kemenangannya setelah berpuasa selama Ramadhan. Selain merayakan hari raya dan berkumpul dengan sanak saudara, Idul Fitri juga merupakan moment yang tepat bagi kita untuk meminta maaf dan memaafkan termasuk dengan mantan pacar.


Tak jarang jika suatu hubungan berakhir dengan tidak baik, adanya perselisihan pendapat hingga pengkhianatan menjadi salah satu alasan perpisahan sehingga tak jarang perpisahan pun meninggalkan luka atau sakit hati. Berikut saya akan memberikan tips mengenai memaafkan mantan;

1.   Relaksasi.  Hal ini perlu agar anda lebih tenang, berpikir lebih jernih dan dapat membantu anda mengikhlaskan apa yang telah terjadi. Relaksasi yang paling mudah dilakukan adalah dengan cara tarik napas dalam-dalam lalu keluarkan secara perlahan. Anda dapat melakukannya sambil memejamkan mata dan bayangkan situasi tempat atau peristiwa yang membuat anda tenang dan bahagia. Relaksasi dapat dilakukan berkali-kali sesuai dengan kebutuhan.


2.   Ingatlah kebaikannya. Seburuk-buruknya manusia pasti memiliki kebaikan, terlebih jika ia pernah menjadi sesorang yang terkasih di dalam hidup anda. Ingatlah ketika ia membantu anda di kala kesulitan, ingatlah ia pernah membuat anda tersenyum di saat anda bersedih, ingatlah saat ia menjadi orang pertama yang anda hubungi setiap pagi. Seburuk-buruknya mantan, ia adalah seseorang yang pernah anda sayangi dan menyayangi anda.


3.   Ingatlah kesalahan anda padanya. Sebaik-baiknya manusia pasti tidak pernah luput dari kesalahan. Ingatlah kesalahan yang mungkin pernah anda lakukan padanya. Sadarilah jika anda dan dia adalah manusia yang sama-sama bersalah dan perlu dimaafkan.


4.   Jangan pernah menimbang kesalahan siapa yang paling banyak. Setiap manusia pasti melakukan kesalahan, baik kesalahan besar maupun kecil. Anggaplah jika kesalahan yang ia dan anda lakukan sama besarnya.


5.   Ubah persepsi anda. Memaafkan bukanlah  membebaskan mantan dari rasa bersalah namun memaafkan dia adalah salah satu cara yang dapat membahagiakan anda. Coba bayangkan jika sepanjang hidup anda diliputi dendam? Sama halnya seperti anda membawa sampah selama hidup anda. Pasti tidak enak bukan?


6.   Ikhlas karena Allah. Memaafkan adalah salah satu wujud ketaatan dan kecintaan kita ada kepada Allah.  Ikhlaskan…apa yang telah terjadi.


7.   Memaafkan bukan berarti balikan. Jika anda memang sudah tidak ingin menjalin cinta kembali dengannya, anda tidak perlu menerima tawarannya untuk kembali padanya.


8.   Belum dapat melupakan bukan berarti tidak memaafkan. Anda tidak perlu berpura-pura baik-baik saja jika anda memang belum dapat menerimanya kembali sebagai bagian hidup anda. Anda dapat mengatakan padanya jika untuk saat ini anda belum dapat berhubungan sebagai teman dengannya. Time will heal…


9.   Si mantan sudah meminta maaf namun anda masih berat membalas smsnya? Anda tidak wajib menyampaikan padanya jika anda telah memaafkannya, yang terpenting adalah hati anda telah memaafkannya.


10.  Anda sudah memaafkannya namun ia tidak mengirimkan sms Lebaran kepada anda? Tak ada salahnya jika anda yang mengirimkan ucapan selamat Lebaran dan permohonan maaf kepada dia. Hal tentu tentu akan meninggikan citra diri anda dimata Allah dan di depan dia karna anda adalah seorang yang berjiwa besar. Mari mengalah untuk menang.



Smoga sekilah tips tadi dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. 

Selamat hari raya idul Fitri..
Mohon Maaf Lahir Batin
Wassalammualaikum




2 komentar:

  1. SUKAAAAAAAAAAAAA BANGEEEEEEEEEET :D
    BENER SEMUA INIIIII

    #SEMANGAT'45

    hehehehee ;;)

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah.. Terima Kasih banyak :)

    BalasHapus